Wednesday, February 25, 2015

Resensi Novel Ganteng Ganteng Gentayangan

Tags

Kali ini mikotaku akan membagikan sesuatu yang lain dari biasanya dan tidak ada hubungannya dengan anime maupun jejepangan, berhubung adminnya lagi ujian praktek dan salah satu tugasnya adalah membuat resensi novel, buat yang lagi nyari Resensi Novel mimin bakal membagikan Resensi Novel yang berjudul Ganteng Ganteng Serigala,eh maksudnya Ganteng Ganteng Gentayangan :3 


IDENTITAS BUKU
Judul                        : Ganteng Ganteng Gentayangan
Penulis                     : Ayra
Penerbit                   : Ragam Media
Tahun Terbit            : 2014
Tebal Buku              : 220 halaman


SINOPSIS NOVEL

Ayra adalah salah satu mahasiswi semester III jurusan Kedokteran Gigi disalah satu Universitas di Bali, dia mempunyai cita-cita untuk menjadi seorang penulis meskipun karya-karyanya selalu ditolak oleh penerbit. Dari luar dia memang terlihat seperti gadis biasa pada umumnya, tapi sebenarnya dia memiliki sedikit kelebihan diabnding manusia lainnya, Tuhan menganugrahkan kepadanya indra keenam atau bahasa kerennya, sixth sense dan dia menyebut dirinya sendiri abnormal. Suatu hari ia dan sahabatnya Risna pindah dari kos mereka ke sebuah rumah kontrakan yang dipilih oleh Risna. Risna yang merupakan sahabatnya dari SMA ini tergiur dengan harga murah rumah itu. Ayra pun terpaksa harus tinggal dirumah kontrakan yang didalamnya berseliweran banyak makhluk halus karena cukup dekat dengan kampus mereka.
Sejauh ini dia masih jomblo dan harus menguatkan iman karena tinggal sekamar dengan hantu terganteng yang seumur-umur baru ditemuinya, namanya Micky dan dia adalah hantu tetap penunggu rumah itu, (katanya) matinya karena bunuh diri, tapi dia sendiri nggak ingat gimana persisnya. Dia juga punya pengalaman dikhianati sahabat dan mempunyai mimpi untuk menjadi penulis meskipun ditolak oleh penerbit berkali-kali. Meskipun statusnya adalah hantu, semangatnya masih manusia banget. Dia bersikukuh nggak akan pernah berhenti menulis sembari berusaha menuntut haknya.
Ayra yang pada awalnya tidak peduli pada Micky, perlahan seiring berjalannya waktu dia menjadi sedikit akrab dengan Micky dan mulai penasaran tentang asal-usul kehidupan Micky sewaktu masih menjadi manusia, mulai dari keluarga, pertemanan, bahkan kisah cintanya. Disisi lain keduanya sama-sama mencari tahu penyebab kematian Micky yang masih jadi misteri.

UNSUR INSTRINSIK

Tema
Cerita dalam novel ini bertema komedi dan percintaan dan sedikit unsur horror

Tokoh
·        Ayra
·        Risna
·        Micky Nouval Rich Pratama
·        Ardi
·        Keiko Putri Rahardia
·        Radit
·        Rifky

Penokohan
·        Ayra
Cewek yg berego tinggi, pintar, cerewet, tapi orang yang pelupa
·        Risna
Merupakan teman Ayra, sifatnya baik, polos dan sedikit kurang pintar
·        Micky
Seorang hantu yang hobi bermain Angry Bird ini memiliki sifat yang sombong, angkuh, dan pintar
·        Ardi
Seorang cowok yang tampan, pintar dan cerdas tetapi licik dan penghianat
·        Keiko
Cewek cantik yang angkuh dan sombong
·        Radit
Cowok yang polos dan sedikit kurang pintar
·        Rifky
Orang yang sombong dan menghalalkan segala cara

Alur
Maju Mundur atau Campuran

Sudut Pandang
Sudut Pandang Orang Pertama

Amanat
Berkarya adalah hak siapa saja, semangat yang dimiliki oleh hantu bernama Micky sungguh luar biasa, meskipun dia hantu tapi dia tidak pernah menyerah untuk mengejar mimpinya menjadi penulis, sesuatu yang mungkin tidak dimiliki manusia pada umumnya karena terkadang ketika menghadapi halangan, kita memutuskan untuk menyerah begitu saja

Keunggulan Novel
            Kelebihan dari novel ini adalah dari cara penyampaian cerita yang menarik, yaitu dengan menggunakan istilah sehari-hari sehingga mudah dimengerti oleh para pembaca. Dan menyampaikan cerita yang aslinya tragis menjadi “konyol” yang bisa membuat kita tertawa dan tersenyum ketika membaca novel ini. Selain dari cara penyampaiannya kelebihan novel ini ialah dari isi ceritanya yang menarik, lucu, dan menghibur.

Kelemahan Novel
Seperti kebanyakan novel-novel remaja lainnya yaitu jalan cerita yang mudah sekali ditebak oleh pembaca. Serta sedikitnya permasalahan dalam cerita yang ada di novel tersebut, sehingga terdapat kesan yang kurang seru dan juga ada beberapa sesi cerita yang cukup panjang dan sedikit membosankan karena intinya sama saja.

Kesimpulan
Novel ini sangat menarik dan dapat dibaca oleh kalangan remaja. Pendidikan moral yang disampaikan  tinggi. Novel ini mampu membuat pembacanya terus tertarik hingga akhir cerita. Kita juga akan terbawa dalam perasaan senang serta haru dengan tiap-tiap alur ceritanya. Novel ini juga dapat menghibur pembaca dan memberi banyak manfaat lain serta dapat di jadikan inspirasi hidup kita.


2 comments

Hello,

Ayra, the writer of the book called "Ganteng Ganteng Gentayangan" stole the cover drawing. She is stealing an artwork and this is not right.

This is the original artwork on where she stole the art:

http://yumi-chuu.deviantart.com/art/Couple-450574343

If you could do remove the product and listing here, that would be nice.

Thank you

This comment has been removed by the author.


EmoticonEmoticon